12 August 2016

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

Posted by Afrilia Wahyuni Eka Pertiwi under: Uncategorized .

Pada saat ini, kita hidup di zaman globalisasi atau bisa juga disebut zaman modernisasi. Modernisasi sendiri dalam ilmu sosial merujuk pada bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan kehidupan masyarakat akan menjadi lebih baik. Modernisasi mencakup banyak bidang, contohnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Di zaman modernisasi seperti sekarang, kita sangat bergantung pada yang namanya teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda. Kebutuhan kita akan teknologi juga didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang dan semakin mendunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi dan penemuan yang sederhana hingga sangat rumit. Bahkan, teknologi handphone yang awalnya hanya sebuah alat komunikasi nirkabel berkembang menjadi alat komunikasi yang dapat mengambil foto, merekam video, mendengarkan musik, dan mengakses internet dalam hitungan detik. Perkembangan teknologi saat ini merupakan dasar untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan suatu negara didasarkan atas seberapa jauh ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai oleh negara itu sendiri. Hal ini sangat beralasan dikarenakan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dasar dari setiap aspek kehidupan manusia. Indonesia merupakan salah satu bangsa yang hidup dalam lingkungan global, maka mau tidak mau juga harus terlibat dalam maju mundurnya penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan, khususnya untuk kepentingan bangsa sendiri. Sebagai negara yang masih berkembang, Indonesia dianggap belum terlalu maju dalam penguasaan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rendahnya kemajuan teknologi di Indonesia terlihat dari minimnya anggaran pemerintah untuk riset.Hendaknya, kita terus meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan negara kita tercinta.

Contoh Perkembangan dari Teknologi


Dinegara kita sendiri, sudah mulai adanya perkembangan dan kemajuan teknologi,, bisa dilihat dari gambar diatas bahwa negara kita sudah mengalami sebuah revolusi, baik dari perkembang ataupun kemajuan teknologi. kita yang awalnya hanya memakai TV hitam – putih sekarang sudah berubah menjadi LED 3D.

Dampak dari penggunaan teknologi

Tentunya masih ada dampak postif dan negatif dari perkembangan teknologi sendiri,

yaitu dampak positif dan dampak negatif.

  • Dampak Positif : kemajuan pesat dalam komunikasi teknologi, sehingga dapat langsung berkomunikasi dengan masyarakat Internasional. kemajuan yang sangat pesat, seperti berkembangnya informasi di negara kita, dsb.
  • Dampak positi : penyalahgunaan fungsi, pemborosan biaya dan global warming.

Leave a Reply

Recent Posts

Recent Comments

    Archives

    Categories

    Meta

    Pages

    link fakultas

    Link Jurusan

    Links Teman